Sebaiknya dari mana dana untuk memperoleh (membeli) edubox?

Di akhir tahun 2019 ini, adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan penganggaran (budgeting), yang di antaranya meliputi hal-hal apa saja yang mau dibelanjakan, berapa jumlah unitnya, berapa harga satuannya, dan seterusnya. Di mana, anggaran-anggaran tersebut akan dieksekusi pada tahun 2020. BOS, atau Biaya Operasional Sekolah adalah salah satu sumber pendanaan tersebut.

Pelaksanaan ujian secara online, baik melalui perangkat android, laptop, ataupun laboratorium komputer (labkom) adalah salah satu aktifitas sekolah yang harus direncanakan secara matang dengan anggaran yang harus dialokasikan. Sebagaimana kita sudah tahu, perangkat dan aplikasi Edubox adalah ujian online.

Pungutan Pendidikan adalah penarikan uang oleh Sekolah kepada peserta didik, orangtua/walinya yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu pemungutannya ditentukan. Nah, ini adalah pilihan terakhir yang dapat digunakan oleh sekolah untuk dapat memperoleh Edubox.

Partisipasi dari masyarakat, terutama orang tua siswa (ortusis) telah dibuatkan peraturannya yang tercakup dalam:

  • Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
  • Peraturan Menteri (PerMen) Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Kapan suatu Pungutan Pendidikan disebut sah dan tidak sah?

Pungutan disebut sah jika memiliki dasar hukum yang sah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dan dipungut oleh orang/petugas yang memiliki kewenangan untuk memungut. Dan disebut tidak sah jika pungutan tidak memiliki dasar hukum yang sah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dan/atau dipungut oleh orang/petugas yang tidak memiliki kewenangan untuk memungut.

Pasal 52 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan menegaskan bahwa Pungutan oleh satuan pendidikan wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Didasarkan pada perencanaan investasi dan/atau operasi yang jelas dan dituangkan dalam rencana strategis, rencana kerja tahunan, serta anggaran tahunan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  2. Perencanaan investasi dan/atau operasi diumumkan secara transparan kepada pemangku kepentingan satuan pendidikan.
  3. Dana yang diperoleh disimpan dalam rekening atas nama satuan pendidikan.
  4. Tidak dipungut dari peserta didik atau orang tua/walinya yang tidak mampu secara ekonomis.
  5. Digunakan sesuai dengan dan tidak dikaitkan dengan persyaratan akademik untuk penerimaan peserta didik, penilaian hasil belajar peserta didik, dan/atau kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
  6. Sekurang-kurangnya 20% (dua puluh persen) dari total dana pungutan peserta didik atau orang tua/walinya digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan.
  7. Tidak dialokasikan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kesejahteraan anggota komite sekolah/madrasah atau lembaga representasi pemangku kepentingan satuan pendidikan.
  8. Pengumpulan, penyimpanan, dan penggunaan dana diaudit oleh akuntan publik dan dilaporkan kepada Menteri, apabila jumlahnya lebih dari jumlah tertentu yang ditetapkan oleh Menteri.
BACA JUGA:  Untuk UNBK, Kami Ada

Biaya Operasional Sekolah (BOS)

  • Penggunaan BOS Reguler di Sekolah harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara tim BOS Reguler kepala Sekolah, guru, dan Komite Sekolah.
  • Dana BOS Reguler yang diterima Sekolah tiap triwulan atau semester dapat direncanakan untuk digunakan membiayai kegiatan lain pada triwulan atau semester berikutnya.
  • Penggunaan BOS Reguler diprioritaskan untuk kegiatan operasional Sekolah nonpersonalia.

Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam pelaksanaan pembelanjaan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) antara lain adalah, tidak terencananya kegiatan pembelanjaan dana dengan baik, sehingga kegiatan pembiayaan yang dilaksanakan asal-asalan dan tidak melalui kajian perencanaan yang matang.

Larangan Penggunaan Dana BOS

biaya operasional sekolah

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *