aplikasi ujian online berbasis android

Artikel kali ini akan membahas sebuah aplikasi ujian online berbasis android yang dapat digunakan oleh sekolah guna melaksanakan ujian secara daring (dalam jaringan).

Sebagaimana kita ketahui dan rasakan bersama, kini android dari Google dan iOS dari Apple banyak sekali membantu kehidupan kita sehari-hari. Tidak kurang dari belasan mobile application (biasa disingkat mobile app) diinstal di HP kita.

Mulai dari aplikasi chatting (seperti whatsapp), email, media social (instagram, facebook, twitter), pesan tiket (traveloka, tiket.com), e-commerce (tokopedia, bukalapak, shopee) dan banyak lagi jenis-jenis lainnya.

Demikian pula untuk profesi-profesi tertentu seperti guru dan murid. Di saat ada aplikasi ujian sekolah berbasis komputer, maka versi yang sama juga dikembangkan untuk mobile app.

Terima kasih kepada Pinisi, sebuah start-up di Kota Bandung yang mendedikasikan waktu, perhatian, pikiran, dan sumber daya lainnya untuk mempercepat sekaligus mempermudah aktifitas-aktifitas guru dan murid. Khususnya terkait pelaksanaan ujian.

Dengan aplikasi ujian online berbasis android ini, maka para siswa dapat mengerjakan ujian dengan mudah di smartphone masing-masing. Hanya dengan menggunakan mobile browser, siswa dapat membaca dan menjawab soal secara langsung di sana. Baik pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda, maupun essay.

Pinisi juga peduli dengan pengalaman pengguna (user experience; UX) yang lebih spesifik, yaitu siswa dan guru. Telah disebutkan di atas bagaimana siswa dengan mudahnya mengerjakan soal. Sementara itu, para guru pun tidak akan kesulitan dalam membuat dan mengunggah (upload) soal.

Karena guru akan membuat soal di file Microsoft Word, sesuai dengan cetakan (template) yang disediakan oleh Pinisi, lalu mengunggahnya ke dalam sistem Edubox.

BACA JUGA:  Tips Lancar Ujian Online: Cek Jaringan Dulu, Pak !

Nah, Edubox. Ini dia aplikasi ujian online berbasis android yang telah disebutkan berkali-kali semenjak awal artikel ini.

Edubox sesungguhnya bukan perangkat lunak (software) saja, melainkan juga terintegrasi ke dalam suatu perangkat keras (hardware).

Berikut adalah beberapa keunggulan Edubox:

  • Hardware dan WiFi (wireless fidelity) yang kompatibel untuk satu kelas (35 siswa)
  • Dapat melaksanakan¬†latihan UNBK¬†kapan saja
  • Tidak memerlukan koneksi internet saat ujian
  • Alat yang simple dan ringkas
  • Manajemen ujian via komputasi awan (cloud computing)

Dapat Melaksanakan Latihan UNBK Kapan Saja

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menggunakan jaringan komputer jenis tertentu. Lebih lanjut, konfigurasinya tidak memungkinkan digunakan oleh sekolah untuk kebutuhan pengajaran sehari-hari maupun tatkala ujian.

Bisa dikatakan, perangkat-perangkat UNBK hanya sekali digunakan setiap tahunnya. Tidak terkecuali dengan Laboratorium UNBK. Yang mana, beberapa sekolah memang sudah memiliki laboratorium khusus UNBK tersebut.

Namun demikian, baik laboratorium UNBK, atau laboratorium komputer yang biasa, dapat menerima manfaat lebih dari keberadaan Edubox. Terutama melalui Edubox Mini Server.

Dengan sistem aplikasi yang persis sama dengan “saudara”-nya, yaitu Edubox Smart Router. Namun konfigurasi dan peruntukan jaringan yang berbeda.

Sebagai Mini Server, Edubox berperan sebagai komputer peladen (computing server) yang melayani dan meladeni setiap unit komputer yang menjadi klien di dalam ruang lab komputer atau lab UNBK.

Tidak Memerlukan Koneksi Internet Saat Ujian

Pada saat ujian sedang berlangsung, baik siswa maupun guru tidak membutuhkan internet. Para siswa, melalui smartphone, tablet, atau laptop masing-masing sudah terkoneksi dengan Edubox yang dikelola oleh sang guru. Koneksi jaringan komputer di antara mereka semua sudah terwujud dalam sifat intranet.

Analog dengan internet, namun dalam lingkup terbatas saja. Yakni guru selaku pemberi ujian (melalui Edubox) dan gawai-gawai (devices) yang digunakan oleh para siswa (laptop/tablet/smartphone).

BACA JUGA:  Edubox Bandung - Press Release

Internet hanya dibutuhkan sebelum ujian dilaksanakan dan setelah ujian selesai dilaksanakan saja. Sebelum ujian dilaksanakan: guna mengunduh (download) soal-soal dari peladen awan (cloud server) menuju Edubox. Pasca ujian: untuk mengunggah jawaban-jawaban masing-masing siswa dari Edubox menuju peladen awan.

Manajemen ujian via komputasi awan

Sekolah maupun guru, tidak perlu repot lagi menyediakan komputer peladen (computing server) sebagai komputer pusat sekaligus pengelola berbagai konten ujian maupun data-data terkait. Sebab, Pinisi sudah menyediakan layanan komputasi awan yang akan memudahkan manajemen soal-soal dan hasil-hasil ujian yang telah dan akan dilaksanakan oleh pihak sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *