Edubox Cloud

Edubox Cloud adalah aplikasi Edubox yang diinstal di Cloud computing (komputasi awan). Teknologi tersebut adalah tren teknologi terkini.

Cloud Computing

Edubox mengadopsi cloud computing demi memberikan pengalaman ujian yang mudah, nyaman, dan cepat bagi guru dan siswa.

Dengan berlangganan Edubox Cloud, maka ujian online bisa dilaksanakan secara jarak jauh (remote) dengan bantuan internet. Sehingga, ujian online tidak perlu dilakukan di ekosistem jaringan intranet sekolah.

Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, Edubox Cloud adalah solusi dalam penyelenggaraan kuis, test, maupun ujian secara jarak jauh.

Guru dan sekolah bisa melakukan proses penilaian hasil belajar siswa, seperti pembuatan soal, manajemen ruang, pelaksanaan ujian, rekap nilai ujian , rekap nilai siswa dan pencetakan Rapor. Siswa mengerjakan soal dengan Edubox Go.

Fitur lainnya adalah unlimited user, baik guru maupun siswa.

Dengan menggunakan Server Cloud online, sehingga maka sekolah tidak perlu menginstal server fisik (hardware) di lingkungan sekolah.

Sistem berlangganan ke Edubox bisa dilakukan secara tahunan, bulanan atau bahkan per event ujian saja.

Spesifikasi minimum yang harus disediakan oleh sekolah (di luar biaya berlangganan ke Edubox) hanyalah jaringan internet sekolah.

Fasilitas dari Edubox adalah free update untuk aplikasi Edubox selama berlangganan. Proses update akan dibantu oleh Helpdesk.

2.138 sekolah dan 5.374 guru di 32 kota/kab se-Indonesia telah menggunakan Edubox.

Cloud computing menurunkan kebutuhan akan software dan hardware. Sehingga akan menghemat pengeluaran untuk hardware.

Sekolah akan menghemat banyak biaya, dimana mereka akan mengurangi pembelian inventaris. Seperti, hard disk, infrastruktur, hingga biaya royalti atas lisensi software tak perlu lagi dianggarkan. Perusahaan hanya cukup membayar biaya kompensasi per bulan, sesuai dengan ketetapan dari penyedia cloud service atau layanan cloud.

BACA JUGA:  Cara Setting Jaringan UBK/UNBK

Uniknya lagi, dengan menggunakan sistem cloud atau cloud computing, para pengguna tak perlu lagi menambah skala ruang penyimpanannya.

Pengguna dapat dengan mudah menambah dan mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa membeli peralatan tambahan, salah satu contohnya hard disk. Sebab, pengguna dapat menyimpan semua datanya di internet (virtual) yang sudah disediakan penyedia cloud service dan layanan cloud tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *