Jadwal UNBK 2019 dan Strategi Sekolah Berikutnya

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah berlangsung pada 25-28 Maret 2019 yang lalu. Sedangkan UNBK SMA (Sekolah Menengah Atas) / MA (Madrasah Aliyah) 2019 akan berlangsung pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan MTs (Madrasah Tsanawiyah), UNBK SMP/MTs 2019 dilaksanakan pada 22-25 April 2019. Apa yang bisa dijadikan strategi sekolah pasca UNBK tersebut selesai dilaksanakan?

Semua jadwal pelaksanaan UNBK tahun 2019 tersebut, berikut dengan UNBK susulan untuk SMA/MA dan SMP/MTs dapat dilihat pada laman milik Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) mengenai jadwal pelaksanaan UNBK

Sebagaimana kita tahu, proses penyelenggaraan UNBK tidak lagi memakan biaya yang besar dan waktu yang panjang. Karena tidak perlu lagi mencetak soal ke dalam lembaran kertas yang demikian banyaknya. Demikian pula dengan pemeriksaan ujian nasional (UN) yang dapat dilakukan secara digital.

Kedua upaya tersebut tentu menghemat waktu dan biaya yang sangat besar. Sehingga sejak awal persiapan UNBK, sampai dengan pengumuman hasil UNBK kepada para siswa, dapat berlangsung beberapa minggu saja. Bukan lagi beberapa bulan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. 

Tidak lama setelah pelaksanaan UNBK 2019 berakhir, kira-kira apa yang sebaiknya dilakukan oleh sekolah-sekolah setelah “musim” UNBK telah berakhir? 

  • Kembali mengimplementasikan digitalisasi pembelajaran kepada para siswa. 
  • Mempersiapkan Guru TIK dalam pengajaran mata pelajaran Informatika 
  • Instalasi jaringan intranet dan internet dengan bantuan staf administrator IT sekolah 

Implementasi digitalisasi pembelajaran kepada para siswa. 

Dalam hal ini, tidak hanya siswa saja yang harus belajar. Namun sekolah perlu mengadakan lokakarya (workshop) dengan para guru sebagai pesertanya. Guna memahamkan cara-cara konversi materi pelajaran ke dalam bentuk konten digitalnya. 

BACA JUGA:  Peran Guru TIK di Era Informasi

Manfaat Teknologi Digital untuk Siswa di Sekolah

Mempersiapkan Guru TIK dalam pengajaran mata pelajaran Informatika.

Sebagaimana kita tahu, guru TIK tidak lagi sekedar tenaga pendidikan (tendik) namun juga akan terlibat aktif mengajar dalam mata pelajaran Informatika. Yakni, suatu mata pelajaran yang disempurnakan dari mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Guru komputer, tidak perlu lagi mengajar secara satu arah kepada para siswa di dalam kelas. Namun, dapat meningkatkan perannya lagi, yakni sebagai fasilitator kelas yang bertugas memandu jalannya kelas informatika. Di mana, para siswa dapat berperan aktif melakukan kolaborasi dengan siswa lainnya dalam rangka mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mendokumentasikan pengetahuan dan keterampilan informatika tersebut. 

Peran Guru TIK di Era Informasi 

Instalasi jaringan intranet dan internet dengan bantuan staf administrator IT sekolah.

Tentu saja, dalam hal ini, staf admin IT yang bersangkutan haruslah terlebih dahulu belajar dan memahami tipologi jaringan intranet dan internet. 

Tugas Staff Admin IT di Sekolah 

Dan Edubox bisa sangat membantu hal ini. Karena edubox adalah perangkat pintar (smart device) yang memiliki peladen (server) dan menyediakan koneksi jaringan komputer untuk bisa terhubung dengan perangkat-perangkat lain seperti komputer desktop, laptop, tablet hingga smartphone. 

UNBK 2019 dan Polemik Curhatan Warganet di Media Sosial

Related entries: 

  • car mengunduh soal ujian edubox
  • wujud edubox
  • edubox mini server bukalapak
  • cara memakai edubox
  • usbn smk eduboox
  • ip wifi edubox
  • cara menggunakan edubox via lan
  • aplikasi ujian online yang gak bisa klik apapu
  • edubox agar bisa digunakan siswa di atas 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *