Kenali Manfaat-Manfaat Teknologi Ujian Sekolah Berbasis Komputer untuk Para Murid di Sekolah

Meta-deskripsi: Aplikasi USBK (Ujian Sekolah Berbasis Komputer) Edubox dapat digunakan di browser (baik komputer maupun mobile) untuk ujian sekolah berbasis komputer. Seperti apakah itu?

Ada teknologi yang membawa dampak berbahaya bagi anak-anak, terutama mereka yang masih berada dalam usia sekolah. Teknologi seperti fitur-fitur dalam gadgetmisalnya, dianggap sebagai hal-hal yang menjauhkan anak-anak dari dunia nyata.

Di sekolah pun, banyak guru yang menerangkan dampak buruk gawai terhadap perkembangan para murid. Apa yang dikatakan oleh guru-guru tersebut sebetulnya tidak salah. Namun, terus-menerus mencekoki murid dengan pemahaman bahwa teknologi berbahaya tidaklah tepat. Sebab, tidak semua teknologi seperti itu. Pasalnya, teknologi juga memiliki berbagai kelebihan untuk murid-murid sekolah; salah satunya dibuktikan dengan kehadiran ujian sekolah berbasis komputer.

Lebih jelasnya, simak kelebihan-kelebihannya berikut ini.

1.Mengajarkan Murid untuk Mengedepankan Logika

Perintah-perintah dalam berbagai perangkat lunak yang terdapat pada PC atau laptop dibuat berdasarkan susunan logika atau bahasa pemrograman. Dengan begitu, pengoperasian gadget dan perangkat komputer pun harus menggunakan logika. Pada saat itulah cara berpikir kita diasah.

Tidak mengherankan apabila orang yang terbiasa mengoperasikan komputer dan gadget memiliki pikiran yang lebih terstruktur dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengoperasikan alat-alat tersebut.

Membiasakan anak-anak untuk mengoperasikan komputer dan gadget sejak dini akan mengajarkan dia untuk lebih menggunakan logikanya dengan terstruktur. Selain itu, anak-anak pun akan lebih mampu memecahkan masalah dengan realistis dan cenderung objektif.

2.Mempermudah Kehidupan

Banyak orang yang menganggap bahwa peralatan elektronik dapat membuat anak-anak menjadi lebih malas; hal tersebut terkadang tepat. Namun dengan penggunaan gadget yang baik dan sesuai porsi, hidup anak-anak menjadi lebih mudah dan juga lebih praktis.

BACA JUGA:  Edubox Bandung - Press Release

Bila anak diajarkan untuk menjadi inventor dan bukan sekadar penikmat teknologi, maka berbagai kemudahan teknologi pun amat dapat membantu kehidupan anak. Segala hal yang mereka butuhkan untuk mencapai cita-citanya akan lebih mudah untuk dilakukan

3. Menjembatani Komunikasi

Sebelum adanya gadget dan teknologi nirkabel, komunikasi begitu terbatas dan hanya bisa dilakukan melalui media-media tertentu seperti jaringan telepon atau surat. Dengan keberadaan gadget dan jaringan seluler, maka komunikasi pun menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan.

Anda bisa menghubungi siapa pun dalam waktu cepat dan memberitakan suatu kejadian tanpa perlu dibatasi oleh waktu. Hal ini juga bermanfaat bagi anak-anak, mereka jadi lebih mudah menghubungi teman-temannya. Misalnya, pada saat mereka ingin berdiskusi mengenai pelajaran tertentu, atau menghubungi guru untuk bertanya mengenai materi-materi yang dianggap sulit.

Oh ya, dengan gadget, orang tua pun jadi lebih mudah untuk mengetahui keberadaan anak dan mengawasi mereka. Para orangtua tidak perlu takut kehilangan sang anak atau tidak mengetahui aktivitas anak-anak.

4. Memberikan Akses Informasi yang Lebih Besar

Sebelum ada gadget, untuk mencari informasi, murid-murid harus bertanya langsung pada guru, orang yang lebih tua, atau pergi ke perpustakaan. Nah dengan adanya gadget, mereka dapat mencari informasi terutama mengenai pelajaran dengan lebih mudah di berbagai situs dan juga di perpustakaan daring.

Harus kita akui bahwa terkadang orang yang lebih tua pun bisa salah memberi informasi. Jadi, dengan adanya gadget, anak-anak bisa lebih mudah menerima informasi yang lebih tepat. Namun tetap saja, anak-anak memang harus diawasi saat mencari informasi, karena ada banyak juga informasi di internet yang tidak tepat bahkan menjerumuskan anak-anak.

BACA JUGA:  Aplikasi Edubox Aplikasi Ujian Online

5. Mempermudah Proses Belajar Mengajar

Jangan salah, gadget juga bisa menjadi media untuk belajar lho. Ya, gadget dapat digunakan oleh guru untuk memberikan materi materi pelajaran serta ujian dan murid pun dapat mengaksesnya dari sana. Hal ini jelas mempermudah proses pengajaran dan membuat murid-murid dapat memahami pelajaran di mana pun dan kapan pun. Selain itu, para murid juga dapat melakukan ujian dengan mudah tanpa perlu harus repot-repot mempersiapkan berbagai alat tulis.

Salah satu perangkat yang dapat menunjang hal tersebut adalah Pinisi Edubox. Apa itu Pinisi Edubox? Yuk, kenali lebih dekat peralatan canggih ini.

Pinisi Edubox, Belajar dalam Jaringan

Proses belajar mengajar dan ujian menggunakan Pinisi Edubox dilakukan melalui dua hal, yakni mini server Pinisi dan juga aplikasi Pinisi. Nah, mini server ini dapat menyimpan berbagai macam materi pelajaran serta ujian, dan dapat diakses oleh para murid yang memiliki nama pengguna serta sandi. Aksesnya sendiri melalui aplikasi yang bisa diakses melalui gadget Android atau lewat komputer.

Dengan begitu, murid-murid pun dapat melihat berbagai materi pelajaran kapan pun mereka mau dan dapat mengerjakan ujian tanpa membutuhkan alat-alat tulis. Selain itu mereka dapat lebih fokus dalam memecahkan berbagai soal karena mereka tidak perlu repot-repot menggunakan alat tulis. Guru pun tidak perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa hasil ujian, karena dengan Pinisi edubox otomatis nilai dapat terkalkulasi usai para murid mengerjakan ujian.

Sebagai browser untuk ujian sekolah berbasis komputer, Pinisi Edubox juga memiliki kapasitas yang besar serta prosesor yang mumpuni, sehingga guru dan murid tidak perlu takut dengan adanya hambatan yang mereka temukan pada saat mengerjakan ujian atau memberikan pelajaran.

BACA JUGA:  Fitur EduEye pada Edubox

Aplikasi Pinisi tidak memberatkan ponsel atau gadget lainnya sehingga murid-murid tidak akan menemukan lagging yang mengganggu pada saat mereka mengaksesnya.

Jadi, siapa bilang teknologi tidak berguna bagi anak-anak yang masih berada di usia sekolah? Teknologi pun bisa sangat bermanfaat bagi mereka seperti yang ditawarkan oleh Pinisi Edubox. Nah, tunggu apa lagi? Bagi para tenaga pengajar dan murid-murid, menggunakan browser untuk ujian sekolah berbasis komputer sangat direkomendasikan. Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, jangan lupa untuk mengakses www.pinisi.io atau kunjungi Instagram kami di @pinisiedubox.

Open reseller

Kami mencari mitra reseller di seluruh Indonesia. Agar kita dapat menyelenggarakan ujian sekolah berbasis komputer di seluruh nusantara. Berminat? Silakan masukkan alamat email anda di kolom komentar.

Link Pemesanan

Related post(s):

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *