Pinisi Edubox, Terobosan Baru Ujian Berbasis Komputer tanpa Online

Sumber aslinya ada di sini:
https://gurudigital.id/pinisi-edubox-terobosan-baru-ujian-berbasis-komputer-tanpa-online/

Dunia saat ini telah memasuki abad 21 dimana teknologi informasi berkembang begitu pesat. Perkembangannya merasuk ke berbagai bidang. Dalam dunia pendidikan, peran kemajuan teknologi informasi sudah mulai dapat dirasakan. Salah satunya adalah ujian kelulusan yang sudah menggunakan teknologi digital yang kita kenal dengan nama UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Dalam pelaksanaan UNBK tentu pemerintah sudah memfasilitasi sebagian besar sekolah. Yakni dengan memberikan fasilitas komputer dan jaringan internet. Meskipun di beberapa sekolah tertentu masih harus bergabung dengan sekolah lain yang fasilitasnya telah memadai. Namun, satu hal yang saat ini masih menjadi permasalahan bagi sekolah-sekolah adalah sulitnya melaksanakan try out online dengan teknis yang sama persis dengan pelaksanaan UNBK. Hal ini masih menjadi kendala karena ujian online terasa lebih ribet untuk murid dalam skala besar dan membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Tryout yang dilaksanakan biasanya masih menggunakan kertas sebagai basisnya (paper-based test, PBT).

Terobosan Baru Try Out UNBK berbasis komputer tanpa online

Nah, perlu kita tahu nih. Bahwa sekarang sudah ada satu perangkat penunjang yang memungkinkan sekolah melaksanakan Try Out UNBK dengan teknis yang sama persis dengan pelaksanaan UNBK tetapi tidak perlu dilakukan secara online. Alias tidak terhubung ke internet, melainkan cukup dengan intranet saja. Sudah tahu perangkat yang dimaksud? Ya, harus kita tahu nih, perangkat ini bernama Pinisi Edubox. Pinisi Edubox merupakan perangkat berbasis Raspberry Pi 2 sebagai server untuk ujian online dalam jaringan lokal (intranet) tanpa perlu terhubung dengan internet. Pinisi Edubox ini akan membantu guru dan pihak sekolah untuk melakukan ujian berbasis komputer secara lebih praktis. Lengkap dengan platform yang membantu guru dalam membuat soal sekaligus mengakses hasil tesnya secara lengkap.

BACA JUGA:  Klasifikasi Ujian Online dan Aplikasi Edubox

Pinisi Edubox rumit digunakan?

Mungkin ada yang membayangkan bahwa membangun sebuah sistem perangkat intranet di sekolah itu pasti rumit. Nah, untuk Pinisi Edubox ini, guru tidak perlu khawatir tentang teknis pemasangan, pelaksanaan hingga proses penilaian hasil ujian siswa. Karena dengan Pinisi Edubox, kita tidak perlu melakukan setting dan sinkronisasi server yang rumit. Semua jadi mudah karena manajemen ujian ini dijalankan via Cloud (komputasi awan). Di satu sisi guru dimudahkan dalam persiapan dan penilaian ujian, di lain pihak, siswa kita pun akan makin sering mendapat pengalaman melakukan penilaian berbasis komputer atau smartphone android tanpa menghabiskan kuota internet di sekolah. Bagaimana, apakah masih ragu menggunakan Pinisi Edubox di sekolah? Ada yang perlu kita tahu nih, di tahun 2017 kemaren, Start Up Pinisi EduBox dikirim sebagai wakil Indonesia dalam event Creative Business Cup di Denmark. Keren kan? Maka tidak heran jika hingga tahun 2017 kemaren, Pinisi Edubox ini sudah  sudah digunakan oleh sekitar 300 sekolah, dengan total 50.000 users, 8.000 ujian terpublish, dan soal sebanyak 250.000 butir soal. Tertarik untuk menjadi user selanjutnya? Silakan anda bisa mendapatkan info lebih detail di laman pinisi.io

Pinisi Edubox hanya untuk Try Out UNBK?

Oya, Pinisi Edubox tidak hanya untuk kepentingan try out UNBK saja lho, tetapi perangkat ini bisa juga dimanfaatkan untuk Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Tahun ataupun ulangan harian di kelas. Jadi Edubox pada dasarnya bisa digunakan untuk semua jenjang pendidikan, tidak hanya SMA/SMK saja. Bahkan Bimbingan Belajar sebenarnya juga bisa memanfaatkan manfaat EduBox ini. Bisa dipakai untuk latihan di kelas-kelas kecil mereka saat les. Hal ini tentu akan lebih menarik perhatian peserta les jika dilakukan secara teratur. Selamat Mencoba ya!

BACA JUGA:  Menguji Kesiapan UNBK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *