Proktor UNBK

Apa Itu UNBK ? Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer-Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Proktor UNBK berperan penting dalam pelaksanaan UNBK.

Rekan-rekan Proktor dan Teknisi UNBK 2020 di manapun berada, semoga tetap semangat dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Meskipun UNBK 2020 menjadi UNBK yang terakhir tetapi tidak mengurangi keseriusan dalam perbaikan dan pembenahan dalam sistem UNBK. Sehingga pelaksanaan UNBK 2020 ini menjadi sejarah baru berakhirnya UNBK.

Secara umum  tugas proktor adalah mengopratori server unbk sehingg dapat menyediakan soal – soa tampil di komputer klien. Dan teknisi membantu jika terjadi gangguang teknis seperti komputer mati, jaringan klien tidak terhubung kr server dan lainnya. 

Dokumen administrasi yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab proktor UNBK adaah berita acara sinkronisasi, berita acara pelaksanaan ujian dan daftar hadir peserta.

  • Dokumen ini wajib diisi, ditandatangi, dan diserahkan kepada sekolah pelaksana UNBK; di samping itu berita acara sinkronisasi tersebut harus diunggah ke dalam web UNBK.
  • Dokumen berita acara pelaksanaan ujian wajib dicetak dari web UNBK lalu ditandatangani sebanyak rangkap 3 (tiga), terakhir wajib diunggah ke web UNBK.
  • Daftar hadir peserta wajib diunggah ke web UNBK.

Apakah harus menggunakan OS 64 bit

Bebas, bisa menggunakan 32 atau 64 Bit namun jangan lupa setting Xambro jika menggunakan OS 32 Bit

BACA JUGA:  Pinisi Edubox, Terobosan Baru Ujian Berbasis Komputer tanpa Online

Apa saja OS yang bisa dipakai sebagai computer klien?

Untuk windows, mulai dari XP hingga Windows 10, namun untuk XP harus menginstall net 3.5

Siswa gagal melaksanakan tes

Siswa lapor kepada proktor dan proktor melakukan reset login peserta

Apakah bisa melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang berbeda dalam satu server pada saat bersamaan?

Tiap sesi hanya boleh satu mata pelajaran saja

Cara setting lokasi Chrome

Silahkan klik kanan pada aplikasi chrome dan klik Properties, kopi alamat pada target dan hilangkan tanda kutip dua, di awal dan di akhir, contoh C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Peran Penting Proktor UNBK

  • Pagi hari sebelum dilaksanakan UNBK Proktor membuka aplikasi CBT Sync di komputer server, (sesuai petunjuk) sambil menunggu status server pusat menjadi aktif.
  • Setelah server pusat aktif (puspendik), maka langkah selanjutnya adalah membagikan Token yang telah dirilis pada aplikasi CBT.
  • Memandu peserta UNBK untuk mengisikan username dan password di komputer.
  • Setelah daftar hadir peserta UNBK selesai diedarkan oleh Pengawas ruang dan telah diisi dengan lengkap, maka Proktor selanjutnya mengisi berita acara di situs UNBK.
  • Mencetak berita acara, meminta tanda tangan pengawas ruang dan penanggung jawab (Kepala Sekolah).
  • Setelah semua dokumen ditandatangi (Proktor, Pengawas, Penanggung Jawab) maka langkah selanjutnya adalah mengunggah hasil scan dokumen tersebut melalui situs resmi UNBK.
  • Tugas insidental dari Proktor adalah mereset komputer peserta UNBK yang mengalami kendala.
  • Mencetak hasil pekerjaan UNBK

Link menarik tentang Merdeka Belajar, sebuah kampanye dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *