12 Tips Sukses Menghadapi UNBK 2019

Meta description: Tips Sukses UNBK untuk para siswa.

Di UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun 2019 ini, tipe soalnya kebanyakan adalah HOTS. Apa itu? Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang artinya kira-kira adalah “membutuhkan daya nalar tinggi”. Maksudnya adalah soal-soal yang membutuhkan analisis lebih mendalam (deeper analysis), pemikiran kritis (critical thinking), pemecahan masalah (problem solving) dan kreativitas (creativity). Tenang saja, tidak semua soal akan bertipe HOTS, kok. Hanya sekitar 15%-20% saja.

Apa saja tips sukses yang banyak itu dalam rangka menghadapai UNBK 2019? Yuk kita bahas sedikit.

  1. Belajar tidak untuk sekedar mengerjakan soal saja. Atau belajar menghapal jawaban saja. Melainkan belajar untuk memahami suatu materi secara mendalam. Memahami makna dari suatu definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan suatu bab dengan bab lainnya.
  2. Belajar sesuai dengan kisi-kisi UNBK 2019. Supaya enggak bingung dan bisa belajar lebih terarah, BNSP (Badan Standard Nasional Pendidikan) telah menyusun kisi-kisi UNBK 2019. Dengan memahami kisi-kisi, kita jadi tahu Standard Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai oleh siswa.
  3. Buat belajar menjadi lebih menyenangkan. Ada yang lebih senang belajar tatkala bersama-sama dengan teman. Ada juga yang lebih senang belajar sendirian. Temukan cara belajar kamu yang lebih menyenangkan. Sekarang ini belajar tidak hanya membaca buku teks saja. Tetapi konten pembelajaran sudah tersedia dalam bentuk video animasi maupun infografis. Konten-konten pembelajaran seperti ini bisa disimpan di perangkat/gawai seperti Edubox.
  4. Ketika try out / uji coba / simulasi, kelompokkan soal berdasar tingkat kesulitan. Dengan familiar mengklasifikasi soal berdasar tingkat kesulitannya, maka kamu akan semakin mahir jelang UNBK 2019. Beri nama kelompok soal: mudah, sedang, dan sulit. Mengelola waktu (time management) ketika mengerjakan soal adalah mulai dari soal-soal yang mudah dahulu, kemudian sedang, terakhir adalah yang sulit. Semakin sulit suatu soal, maka kita harus memikirkan ulang jawaban yang akan kita berikan. Barangkali kita membutuhkan kreatifitas dalam mencari jalan alternatif untuk mengerjakan soal tersebut. Sulitnya soal juga menentukan mana yang benar-benar tidak bisa kita jawab.
  5. Siap dengan kemungkinan buruk yang terjadi ketika UNBK. Mulai dari komputer ujian yang mengalami masalah, jaringan komputer yang gagal terkoneksi, dan lain sebagainya. Sebagai bagian dari persiapan UNBK dan pencegahan terhambatnya pelaksanaan UNBK, minta kepada pihak sekolah untuk melakukan pengecekan kualitas jaringan komputer terlebih dahulu. Lebih lanjut, minta sekolah untuk dapat mengadakan simulasi UNBK dengan seluruh siswa peserta mengikuti simulasi tersebut. Tentu sekolah sudah memahami spesifikasi (spek) server UNBK dan spek komputer UNBK.
  6. Cicil materi pelajaran yang diajarkan di kelas 1 dan 2, sejak awal. Dengan menyediakan waktu secara rutin untuk mempelajari materi pelajaran di kelas sebelumnya, maka intisari dari materi tersebut akan mengendap di kepala kamu. Atur waktu belajar kamu senyaman mungkin. Bukan hanya waktu yang harus diatur, tetapi juga konsentrasi kamu dalam belajar dan mengerjakan latihan soal atau simulasi. Lebih baik istirahat 10 menit setiap 1 jam belajar, daripada memaksakan belajar 4 jam sekaligus.
  7. Mengerjakan soal-soal UNBK tahun sebelumnya. Atau mengerjakan simulasi UNBK. Tentu soal UNBK tahun 2019 tidak sepenuhnya baru. Pasti ada bagian yang diulang dari soal tahun 2018 atau sudah tersedia di simulasi UNBK 2019.
  8. Mulai berteman dengan teknologi pembelajaran. Paling dekat adalah ujian berbasis komputer atau ujian berbasis android.
  9. Membangun rasa percaya diri. Mulai dengan percaya diri dan tidak stress tatkala mengerjakan soal, termasuk soal-soal simulasi sekalipun. Sembari membandingkan hasil simulasi dengan yang sudah dipelajari, maka akan meningkatkan rasa percaya terhadap diri sendiri.
  10. Fokus tidak hanya pada materi pelajaran. Tetapi juga hal-hal administratif seperti kartu identitas ujian, pengisian nama di “lembar” ujian, dan seterusnya.
  11. Semua yang terjadi di ujian nasional, terjadi atas izin Tuhan. Oleh sebab itu, perbanyak berdoa dan meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
  12. Mohon restu juga kepada orang tua. Restu orang tua adalah bentuk “dukungan dan persetujuan” dari Tuhan.
BACA JUGA:  UNBK 2019 dan Polemik Curhatan Warganet di Media Sosial

Sebagai penutup, kami di Edubox memberi semangat kepada kamu yang akan mengikuti ujian nasional (UN) 2019. Selamat belajar lebih keras, mengoptimalkan waktu yang tersisa. Agar mendapatkan hasil yang diinginkan serta tercapai cita-cita kamu.

Related post(s):

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *