Mikrotik Untuk Ujian Online

mikrotik memudahkan kita semua. di sekolah, kita dapat menggunakan mikrotik untuk ujian online.

Dalam artikel ini akan dibahas mikrotik untuk ujian online.

Sesungguhnya, MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil yang bermarkas di negara Latvia. Mikrotik difungsikan sebagai sistem operasi (operating system) dan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk memberikan peran router (perute) terhadap suatu komputer. Mikrotik sangat baik untuk provider hotspot dan warnet karena kemampuannya dalam mengadministrasi jaringan komputer.

Sekarang ini, Mikrotik telah menjadi primadona dalam pembuatan router dan administrasi dalam jaringan. Disebabkan kemudahan dan kesederhanaan tool yang disediakan membuat mikrotik menjadi pilihan banyak orang, tidak terkecuali oleh tim Pinisi Edubox.

Berikut adalah kemudahan dan kesederhanaan mikrotik:

  • Konfigurasi jaringan internet dapat dilakukan secara terpusat pada mikrotik sehingga memudahkan admin jaringan untuk mengelola jaringan tersebut.
  • Dapat digunakan untuk memblokir situs-situs terlarang yang mengandung konten pornografi dengan menggunakan proxy sehingga tercipta penggunaan internet yang positif.
  • Pengaturan dan Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan spesifikasi perangkat keras yang sangat rendah.

Untuk jaringan nirkabel (Wi-fi) produk Pinisi Edubox menggunakan Ubiquiti Unifi UAP dikombinasikan dengan mikrotik 951Ui 2HnD sebagai router dan tentuk saja Pinisi Edubox sebagai server.

Pada dasarnya dengan konfigurasi jaringan seperti di atas, sekolah sudah dapat melakukan ujian online/ujian berbasis komputer tanpa harus mempunyai lab komputer, bisa menggunakan gadget siswa (laptop, tablet dan smartphone). Konfigurasi tersebut sudah lolos ujicoba tim Pinisi Edubox adalah untuk 125 siswa ujian berbasis komputer/ujian online secara bersamaan.

Untuk sekolah yang punya lab komputer, cukup hubungkan hub/switch lab tersebut ke mikrotik, otomatis aplikasi Pinisi Edubox dapat digunakan.

Dari pengalaman selama ini ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk penggunaan Wi-Fi untuk akses ujian dalam jaringan:

BACA JUGA:  12 Tips Sukses Menghadapi UNBK 2019

Mikrotik yang berfungsi sebagai router. Disesuaikan dengan banyaknya user. Untuk user lebih dari 100 sampai 200 orang disarankan menggunakan Mikrotik RB 951 2Hnd. Kenapa mikrotik, karena menurut saya ini cukup familiar untuk kalangan pendidikan.

Demikianlah penggunaan mikrotik untuk ujian online di sekolah-sekolah.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *