Cara Membuat Ulangan Online

Cara membuat ulangan online membutuhkan aplikasi edubox dan database soal dan jawaban milik bapak ibu guru sekalian. Yang biasanya berupa microsoft word.

Siswa bisa ujian dengan menggunakan aplikasi mobile Edubox Go.

Bapak-Ibu mungkin sudah memiliki soal yang dibuat di microsoft word. Sebelum kita copy-paste soal ke aplikasi edubox, kita siapkan dulu yang akan di-copaste di ms word.

Teknik menulis ulangan online di ms word

Pertama, taruh nomor soal. Misal angka 1, sebagai nomor soal 1.

Di bawahnya, kita insert table sebanyak 1 sel saja. Di sel inilah kita akan memasukkan 4 hal: nomor KD, uraian soal, kunci jawaban (misal: C), dan alternatif pilihan jawaban.

Apabila uraian soal mengandung gambar, maka visualnya kita fokuskan pada gambar tersebut saja. Kita bisa pakai snipping tool. Juga supaya ukuran kilobyte (kb) gambar tersebut tidak terlalu besar yang mungkin dapat menyulitkan siswa ketika ulangan online berlangsung.

Masuk ke soal nomor 2. Ketik angka 2 dahulu, lalu tekan enter.

Insert satu sel table saja. Lalu masukkan nomor kompetensi dasar dengan cara #KD-tingkatan kelas-nomor KD. Misal #KD832 yaitu kompetensi dasar kelas 8 nomor KD 32. Tekan enter.

Copy-paste uraian soal dari ms word yang lain, tekan enter.

Ketik: “Kunci” diikuti dengan jawaban, misal “B”. Tekan enter.

Copy-paste alternatif jawaban dari database soal Anda di ms word.

Maka selesai sudah untuk soal kedua. Dan demikian seterusnya diulang cara membuat ulangan online tersebut.

Muncul pertanyaan: bagaimana jika ada sebuah uraian yang digunakan untuk beberapa pertanyaan soal? Maka uraian tersebut wajib dimasukkan di tiap-tiap “uraian soal” di tiap sel soal.

BACA JUGA:  Uji Coba / Try Out UNBK 2017

Semua sel harus memiliki nomor soal di luar sel tersebut. Dan tiap sel soal sudah berisi nomor KD, uraian soal, kunci jawaban, alternatif jawaban. Sekarang untuk mengubah soal-soal tersebut menjadi SQL, maka kita edupress-kan dulu soal-soal tersebut.

Edupress-kan soal

Pilih “save and send” dari menu “file” di bagian atas microsoft word. Pilih “publish to a blog post”, kemudian masukkan username dan password. klik “Register Now”. Perbaiki alamat URL wordpress-nya menjadi “edubox.pinisi.io” tanpa mengubah akhir URL yang sudah ada. Kemudian input “username” dan “password”. Akan ada notifikasi “Account registration is successful”.

Bila sudah muncul jam-menit-detik dan tanggal-bulan-tahun, berarti soal telah di-published di Edupress.

Download SQL

Selanjutnya, kita online ke edubox.pinisi.io. Masukkan username dan password. Muncul menu berisi “Daftar Ujian Anda” dan “Unduh Template”. Selanjutnya, klik “Daftar Ujian Anda”. Yang baru saja di-published kan, akan muncul teratas di list ujian. Klik file soal yang dimaksud, lalu silakan cek ulang apakah semua soal sudah lengkap dan siap diujikan.

Di tahap ini, soal tidak bisa diperbaiki. Apabila ada perbaikan, revisi soal dilakukan di halaman ms word di tahap sebelumnya. Publish lagi bila revisi sudah selesai.

Ketika soal benar-benar sudah lengkap dan siap diujikan, selanjutnya adalah mengunduh (download) SQL-nya. Tombol ada di kiri bawah. File hasil download ini yang siap digunakan untuk menguji kompetensi siswa. File bisa ditransfer via whatsapp, email, maupun disimpan di flash disk.

Demikian cara membuat ulangan online dengan aplikasi Edubox. Ada pertanyaan? Silakan ketik tombol “chat whatsapp kami”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *